2017년 9월 20일 수요일

Bukan Sekedar Cantik Tapi Kenyamanan Operasi Plastik Mata

Ingin lebih jelas dan pasti tentang tindak lanjut operasi plastik mata adalah salah satu langkah yang wajib dilakukan bagi para mereka yang awam tentang operasi plastik mata. Pasien Indonesia dapat melontarkan pertanyaan sedetil-detilnya berkaitan tentang operasi plastik mata sebelum memutuskan beroperasi. Operasi plastik mata sendiri bukan hanya sekedar mempercantik penampilan mata namun disisi lain diperlukan untuk membuat organ mata lebih nyaman digunakan. Seperti beberapa pasien yang kerap mempertanyakan: "Setiap kali membuka mata, saya harus melakukan pengerutan dahi! Apakah hal ini dapat diperbaiki?"

Koreksi ptosis adalah jawaban yang paling tepat untuk memperbaiki kondisi mata agar lebih nyaman digunakan. Koreksi ptosis ini diperlukan bila kasus pasien terbiasa mengerutkan alis dan dahi setiap membuka mata karena mata tidak dapat terbuka secara nyaman. Ptosis sendiri direkomendasikan bila otot levator sudah mulai melemah karena usia. Otot pada bagian organ mata terdiri dari 6 otot yang berbeda dan otot-otot inilah yang berkerja berkesinambungan untuk pergerakan mata dan menanggapi setiap kontraksi mata pada saat mata terfokus. Sedangkan pengontrolan elevasi kelopak mata sendiri dilakukan oleh otot levator.

Koreksi ptosis ini berbeda goal operasi plastik mata dengan operasi lipatan mata ganda. Operasi lipatan mata ganda ini hanya menambahkan garis kelopak mata ganda agar mata terlihat lebih cantik. Sedangan koreksi ptosis ini bertujuan untuk memperbaiki bentuk dari garis lipatan mata tersebut. Tujuan utama koreksi ptosis ini membuat agar otot levator dapat bekerja secara maksimal sehingga kelopak mata dapat terbuka diposisi normal. Otot-otot akan dikencangkan dan mata dapat terbuka lebih nyaman, biasanya selain untuk kasus pasien yang harus membuak mata dengan mengerutkan dahi. Koreksi ptosis ini juga dilakukan oleh pasien yang memiliki bentuk mata sayu dan terlihat seperti mengantuk karena kelopak mata hanya terbuka setengah.
Metode  operasi koreksi ptosis

Rumah sakit spesialis operasi plastik mata membagi metode operasi koreksi ptosis menjadi 2, yaitu: dengan sayatan atau tanpa sayatan. Metode operasi yang berbeda ini disesuaikan dengan kondisi mata dari pasien.

  • Metode koreksi ptosis tanpa sayatan hanya dapat dilakukan untuk pasien yang memiliki kelopak mata atas yang tipis, sedangkan koreksi ptosis dengan sayatan berlaku untuk semua kasus mata baik tebal maupun tipis.
  • Metode koreksi ptosis dengan sayatan dapat sekaligus menghilangkan lemak pada kelopak mata bagian atas dan untuk non sayatan penghilangan lemak tidak dapat dilakukan secara full.
  • Untuk skala koreksi bentuk lipatan mata bagian atas, lebih sarankan bila kondisi mata memiliki kasus ekstrim lebih baik dengan metode sayatan karena dapat direvisi secara total sedangkan untuk non sayatan hanya dapat mengatasi kondisi mata yang tidak terlalu parah.
  • Pasca operasi plastik mata untuk koreksi ptosis dengan sayatan, mata akan mengalami pembengkakan dan membutuhkan beberapa waktu untuk pulih sedangkan untuk non sayatan kondisi pasca operasi plastik mata pembengkakan sangat minim
  • Bekas luka dengan metode sayatan sedikit terlihat dan untuk metode tanpa sayatan hampir tidak terlihat.
Tim rumah sakit operasi plastik mata akan memeriksa kondisi mata pasien dan mencocokkan dengan metode operasi, agar memperoleh hasil maksimal dan memuaskan.

댓글 없음:

댓글 쓰기